Copy Lengkap Contoh SK Kepala Desa

Surat Keputusan (SK) Kepala Desa merupakan salah satu bentuk administrasi desa. Menjadi bagian produk hukum Desa lainnya. SK ada dan ditetapkan sehubungan tugas dan kewenangan desa dalam rangka pelaksanaan Peraturan Desa maupun Peraturan Kepala Desa. Dapat dikatakan bahwa Keputusan Kepala Desa adalah sebagai salah satu bentuk peraturan pelaksananya/ bersifat teknis

Surat Keputusan Kepala Desa dikeluarkan semata-mata untuk terlaksananya Peraturan Desa dan atau Peraturan Kepala Desa. Serta hal-hal lainnya yang tidak atau belum cukup di atur dalam kedua peraturan tingkat desa tersebut.

Kita dapat membedakan dengan tegas Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa.

Peraturan Desa

Peraturan Desa (Perdes)dibuat dalam rangka tata pelaksanaan pemerintahan desa yang bersifat mengatur, mengurus, membebani masyarakat

Perdes juga dibuat atas dasar ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengharuskan dikeluarkannya aturan dengan Perdes. Biasanya setiap hal yang akan menimbulkan kewajiban pertanggung jawaban dikemudian hari atau penggunaan anggaran pemerintah wajib dibuatkan Perdes-nya.

Contoh kegiatan Pemilihan Kepala Desa merupakan kegiatan yang sarat dengan pertanggung jawaban di kemudian hari.Tahapan-tahapan pada Pemilihan Kepala Desa bersipat mengatur, membebani bahkan dapat menimbulkan hak dan kewajiban bagi sebagian warga dan atau seluruh warga. Maka pelaksanaan Kepala Desa harus diataur dengan Peraturan Desa.

Tiga hal pokok yang mendasari keluarnya Peraturan Desa.

  1. Desa memiliki kewenangan mengatur masyarakat untuk mewujudkan cita-cita/keinginan bersama masyarakat desa yang sejahtera. Agar tidak terjadi kesewenang-wenangan serta menjadi dasar hukum yang mengikat bagi pihak pemerintah Desa dan masyarakat. Dibuat Peraturan Desa.
  2. Desa dapat membebani masyarakatnya dengan kewajiban maupun haknya. Misalnya tentang pungutan desa. Setiap pungutan desa harus ada dasarnya berupa Perdes. Pungutan desa dalam bentuk apapun kepada masyarakat tanpa ditetapkan dengan Peraturan Desa dapat dikategorikan sebagai pungutan liar (pungli). Perdes tentang pungutan desa perlu ditetapkan sebelum membahas Rancangan peraturan Desa tentang APBDesa.
  3. Adanya peraturan perundang-undangan di atasnya yang mengatur harus dibentuknya Peraturan Desa. Contoh Perdes APBDesa harus dibuat berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Demikian juga Perdes RPJMDesa, Perdes RKPDesa merupakan Perdes yang harus ada karena ditentukan oleh peraturan perundang-undangan di atasnya.

Tata Naskah Surat Keputusan Kepala Desa

Sebelum saya memberkan contoh SK Kepala Desa yang dapat anda download dibagian akhir, sedikit saya gambarkan tata naskah Surat Keputusan /SK Kepala Desa sesuai tata naskah dinas.

Prosedur dan tata penulisan SK Kepala Desa dapat saya jelaskan seperti ini.

  1. Pada bagian pertama/paling atas diisi dengan Kop Desa. Sebagai bagian kepala surat Kop Desa harus diletakan di atas dan harus mengandung informasi yang jelas. Cantumkan, alamat kedudukan maupun alamat surat maupun e-mail. Bahkan di era teknologi informatika ini sudah ada desa yang mencantumkan juga alamat website desa.
  2. Kemudian menuliskan judul SK. Didahului dengan kalimat Keputusan Kepala Desa dan nama desa dengan hurup kapital. Dibawahnya ditulis "Tentang" dalam satu baris dengan hurup besar diawal diikuti hurup kecil. Baru pada baris berikutnya menuliskan judul SK, dalam hurup kapital, boleh terdiri dari beberapa baris. Penulisan judul SK diatur marginnya menjadi rata tengah.
  3. Dibawah judul SK tulislah " KEPALA DESA ... (sebutkan nama desa dalam hurup kapital)" diletakan dalam satu baris margin rata tengah.

SK Kepala Desa dikeluarkan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan dari Peraturan Desa maupun Peraturan Kepala Desa. Berikut contoh SK tersebut :

  1. SK Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Download disini
  2. SK RT. Download disini
  3. SK Tim Penyusun RPJMDes Download
  4. SK Tim Penyusun RKPDes Down Load
  5. SK Tambahan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Download
  6. SK Posyandu Down load
  7. SK BKD Down load
  8. SK UP2K Down load
  9. SK MCK Komunal Download
  10. SK TPK Download
  11. SK Bendahara Download
 ....

11 Komentar untuk "Copy Lengkap Contoh SK Kepala Desa "

  1. Salam Kenal
    Saya seorang PLD wilayah Bengkulu
    mohon izin download file nya
    posting ini sangat bermanfaat

    terima kasih

    BalasHapus
  2. Terimakasih Gan...Sangat Bermanfaat...terus posting hal2 yang berkaitan dengan Kampung/desa

    BalasHapus
  3. Terima kasih. sangat membantu

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sangat bermanfaat,mohon ijin unduh admin....insya Allah berkah

    BalasHapus
  5. trimakasih banyak gan..teruslah berkarya..!! Semoga Sukses dan jaya selalu

    BalasHapus
  6. berharga sekali bagi seorang PLD

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas informasi dan data ini,,kami dari desa kabupaten sumba barat daya - NTT, sangat terbantu dengan format-format ini,,salam berdesa

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas informasi dan data ini,,kami dari desa kabupaten sumba barat daya - NTT, sangat terbantu dengan format-format ini,,salam berdesa

    BalasHapus
  9. Mantap... Minta izin... Seklian buwatkan sk kesenian

    BalasHapus

Post Unggulan

PANDUAN LENGKAP MENYUSUN RAB (FORMAT RAB DESA)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel