Skip to main content

RUMUS MENGISI PROFIL PENDUDUK DENGAN FORMULA XL

FORMAT DATA POTENSI DESA

Data Potensi Sumber Daya Manusia merupaka salah satu data yang harus diisi saat mengisi buku Data Potensi Desa.
Pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara mengisi format profil desa/ kelurahan, khusus mengisi bagian potensi sumber daya manusia. Silakan perhatikan format profil SDM di bawah ini :





Untuk mengisi data di atas menggunakan sumberdata penduduk berbasis SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Soft copy dapat diminta ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten atau Dinas yang menangani kependudukan. Caranya buat permohonan tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang diketahui Camat atau silakan ikuti SOP yang diberlakukan.
Apabila anda berhasil mendapatkan soft copy maka anda akan memiliki data penduduk lengkap seperti tampak di bawah :

 Data SIAK diatas sebenarnya terdiri dari 25 kolom (kolom A-Y), sengaja beberapa kolom disembunyikan supaya mudah ditampilkan,  hanya untuk mendapat gambaran semata.
Jumlah penduduk desa anda mungkin lebih dari 5.000 jiwa atau bahkan 10.000 jiwa. Bayangkan betapa repotnya jika anda harus menghitung berapa laki-laki, berapa perempuan dan berapa orang sebagai kepala  keluarga. Kalau dihitung satu persatu (manual) akan menghabiskan waktu berjam-jam atau malah tidak selesai sehari.

Tip Trik Mengisi Data Penduduk

Berikut ini kami berikan tip trik sehigga penghitugan menjadi mudah, cepat dan akurat.
Untuk latihan buatlah data berikut dalam format excel, sheet pertama berinama “DATA”, sheet kedua beri nama “POTENSI SDM” untuk jelasnya silakan ikuti langkah berikut.

Buatlah lembar work sheet 1  & work sheet 2 seperti dibawah

Buat work sheet 2 beri nama "POTENSI SDM"

 Formula yang Harus Diingat

Nah sekarang kita coba mengisi sheet 2 (POTENSI SDM) pada kolom F baris 4,5,6 dan 7 dengan memasukan formula sebagai berikut:
Pada sel F4 ketik  =SUMPRODUCT((DATA!$C$2:$C$27="L")*1)
Pada sel F5 ketik =SUMPRODUCT((DATA!$C$2:$C$27="P")*1)
Pada sel F6 ketik =F4+F5
Pada sel F7 ketik =SUMPRODUCT((DATA!$D$2:$D$27="Kepala Keluarga")*1)
Perlu kami jelaskan sedikit tentang formula di atas :
DATA! = Diambil dari rename sheet 1 sebagai sumber data
$C$2 = Kolom C sel 2 berisi data jenis kelamin
: = Sampai dengan
$C$27 = Kolom C sel 27 merupakan sel terakhir data jenis kelamin.
L/P = Data tertulis pada kolom C (Jenis Kelamin) yang akan dihitung,
Silakan bandingkan sendiri formula yang dimasukan pada kolom F sel 7 untuk menghitung jumlah Kepala Keluarga. 
Apabila anda melakukannya dengan benar maka kolom F pada sheet 2 akan terisi dengan data secara otomatis. Inilah hasilnya

Mudah bukan ?
Dan anda pun dapat dengan mudah menerapkan formula tersebut pada data SIAK yang sebenarnya.
Untuk mengecek langkah demi langkah yang saya terangkan di atas , sekaligus untuk anda berlatih dengan format yang saya terangkan SILAKAN DOWNLOAD

Selamat mencoba semoga bermanfaat



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh LPJ Dana Desa (Dilengkapi Format Baku)

Contoh LPJ DD 2016 (format Excel & Word)  Berikut ini admin coba mengulas cara membuat Laporan Pertanggung Jawaban Penggunaan Dana Desa. Dilengkapi dengan format yang sudah dibakukan. LPJ ini merupakan administrasi yang wajib dibuat oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK).
Admin mengambil kasus kegiatan pengaspalan jalan dengan hotmix dan penambalan di Desa Astina Kecamatan Kurawa. Adapun Rencana Anggaran Biaya sesuai RKPDesa dan APBDesa  sebesar Rp. 356.963.600,-.
Segera setelah TPK menerima Surat Perintah Kerja (SPK) mencermati dan mempelajari RAB. Sebagai contoh RAB yang akan dilaksanakan TPK sebagai berikut :

FORMAT BARU ADMINISTRASI DESA (PERMENDAGRI 47/2016)

Administrasi Desa Format Baru  Ketentuan yang mengatur tentang Administrasi Desa diatur dalam Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Desa. Dengan diberlakukannya Permendagri tersebut, Permendagri Nomor 32 Tahun 2006 tentang Pedoman Administrasi Desa dan peraturan pelaksannya dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi.
Bagaimana mengelola dan seperti apa fomat yang diberlakukan dalam Permendagri 47/2016 ?
Silakan simak penjelasannya !
Disertai Bonus download gratis Permendagri dan contoh format dibagian akhir tulisan.
Silakan baca sampai tuntas !
Penyelenggaraan Administrasi Desa Kepala Desa berwenang menyelenggarakan Administrasi Desa. Kepala Desa melaksanakan administrasi desa dibantu Aparat Desa. Administrasi Desa diilaksanakan dalam rangka :
Penyelenggaraan Pemerintahan
Pelaksanaan Pembangunan
Pembinaan masyarakat, dan
Pemeberdayaan Masyarakat
Administrasi Desa meliputi :
Administrasi UmumAdministrasi PendudukAdministrasi KeuanganAdministrasi PembangunanAdministrasi La…

LAPORAN KEPALA DESA FORMAT BARU 2016

Laporan Kepala Desa Berdasarkan Permendagri 46/2016 Pada saat ini , Peraturan Menteri Nomor 35 Tahun 2007 tentang Pedoman Umum Tata Cara Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Seiring telah diundangkannya Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa.
Apa saja dan bagaimana Laporan Kepala Desa dibuat ?
Silakan simak tuntas penjelasannya !
Apa saja Laporan yang harus dibuat Kepala Desa ?
Setiap tahun Kepala Desa wajib membuat :
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran;Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir masa jabatan;Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran; danInformasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.(Permendagri 46/2016 BAB II pasal 2) LPPD AKHIR TAHUN ANGGARAN Tiga bulan sejak berakhirnya tahun anggaran (Bulan Maret tahun berkenaan) Kepala Desa membuat Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa / LPPD akhir tahun anggaran. Disampaikan k…

Sistematika LPJ Dana Desa (Format Baku & Contoh lengkap)

LPJ DANA DESA FORMAT BAKU BERIKUT CONTOH Pada tulisan ini admin akan mengupas tuntas penyusunan LPJ Dana Desa. Tulisan ini akan membimbing penyusunan LPJ dari mulai membuat jilid, isi laporan sampai lampiran-lampiran yang diperlukan. Format yang digunakan merupakan format baku mengacu pada aturan terkini. Sekaligus disertai contoh LPJ Dana Desa lembar demi lembar.
Laporan Penggunaan Dana Desa merupakan laporan Kepala Desa Kepada Bupati/Walikota. Hakekatnya adalah laporan Bendahara Desa dan Tim Pelaksanan Kegiatan Dana Desa dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan Anggaran Desa sesuai APBDesa.
Jadi LPJ Dana Desa terdiri dari Laporan Bendahara Desa dilampiri Laporan Pelaksanaan kegiatan Dana Desa dari TPK.
Untuk memudahkan sistematika laporan dapat disusun sebagai berikut :
Sistematika LPJ ADD Jilid
Kata Pengantar
Daftar Isi
Surat Pengantar Kepala Desa
Pendahuluan
I.    Laporan Keuangan Desa
1.    Laporan Realisasi Penggunaan Dana
2.    Buku Kas Umum
3.    Lampiran BKU (S…