Skip to main content

Tip Trik Menentukan Usia Penduduk dengan Formula XL

Menghitung Usia Memakai Formula Excel

Melanjutkan pembahasan  artikel tentang Rumus Mengisi Profil Penduduk dengan Format XL,  pada kesempatan ini akan dibahas tip trik  menentukan umur/usia penduduk secara mudah cepat dan akurat.
Bagi yang belum membaca artikel sebelumnya silakan baca Rumus Mengisi Profil Penduduk dengan Format XL.
Sebaiknya gunakan data penduduk melalui SIAK, dapat anda minta soft copinya pada dinas yang menangani kependudukan di Kabupaten masing-masing. Anda akan mendapat data penduduk Desa/ Kelurahan  terbaru sesuai data Kartu Keluarga yang telah diterbitkan.
Data penduduk sangat dinamis, sangat mungkin data penduduk di data SIAK tidak sesuai dengan kenyataan atau sudah berubah. Misalnya tertera status belum kawin, padahal sudah kawin. Hal ini dapat terjadi karena yang bersangkutan belum mengajukan perubahan KK, sehingga perubahan status belum dientry pada data SIAK.
Beberapa kolom data SIAK harus anda update diantaranya :
1.    Kolom 8 (H) : STATUS
2.    Kolom 9 (I) : SHDK (Status Hubungan Dalam Keluarga)
3.    Kolom 11 (K) : PDDK_AKHIR
4.    Kolom 12 (L) : PEKERJAAN
Pada kesempatan ini kita akan fokus membahas Bagaimana menentukan usia penduduk dengan formula excel ?

Rumus Excel Untuk Menentukan Usia.

Anda boleh berlatih dengan data penduduk yang anda miliki,  data Pemilih Pilkades, DPT Pileg/ pilkada yang penting terdapat kolom yang berisi tanggal lahir. Pastikan kolom tanggal telah diseting dengan format tanggal yang benar.
Sekedar untuk simulasi saja  akan dijelaskan cara menentukan usia dari data penduduk di bawah ini. Kolom yang berwarna hijau merupakan kolom tambahan yang akan kita format dengan rumus untuk menghasilkan perhitungan usia.
  • Kolom (G) usia dalam hitungan tahun
  • Kolom (H) usia dalam hitungan bulan
  • Kolom (I) Usia Rata-rata  merupakan usia dibulatkan (< 6 bulan dibulatkan ke bawah/ tidak dihitung, >/= 6 bulan dibulatkan ke atas/ dihitung satu tahun)
  • Kolom (J) Usia diisi dengan entri manual dari data yang ada di kolom (I) usia rata-rata
  • Sel K:1 diberi warna merah untuk memasukan tanggal hari ini agar perhitungan usia dihitung sampai tanggal ini.
Sekarang anda tinggal masukan rumus (format sel ) dengan rumus di bawah ini :
  • Kolom (K) Sel K:2  klik dan ketikan =TODAY() kemudian klik enter (muncul tanggal hari ini).
  • Kolom ((G) Sel G:2 klik dan ketik =IF(C2="";"";INT(YEARFRAC(C2;$K$1;3))) kemudian klik enter
  • Kolom ((H) Sel H:2 klik dan ketik =IF(C2="";"";ROUNDDOWN(((YEARFRAC(C2;$K$1;3))-INT(YEARFRAC(C2;$K$1;3)))*12;0)) kemudian klik enter
  • Kolom ((I) Sel I:2 klik dan ketik =H2/12+G2 kemudian klik enter
  • Kolom ((J) Sel J:2 sampai akhir ketik semua data yang ada di kolom (I)
Untuk mengisi sel dibawahnya silakan copy paste dari sel yang sudah di atasnya atau klik drug sampai sel terakhir.
Jika anda melakukannya dengan benar hasilnya pada kolom (G s/d I) akan terisi data secara otomatis hasilnya  akan seperti tabel dibawah ini.

Data pada Kolom (J) diketik manual sesuai data yang ada dikolom (I).  Nah data tersebut akan digunakan untuk mengisi data Potensi Sumber Daya Manusia pada format potesi SDM Profil Desa/Kelurahan. Bagaimana caranya kan dibahas pada artikel berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh LPJ Dana Desa (Dilengkapi Format Baku)

Contoh LPJ DD 2016 (format Excel & Word)  Berikut ini admin coba mengulas cara membuat Laporan Pertanggung Jawaban Penggunaan Dana Desa. Dilengkapi dengan format yang sudah dibakukan. LPJ ini merupakan administrasi yang wajib dibuat oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK).
Admin mengambil kasus kegiatan pengaspalan jalan dengan hotmix dan penambalan di Desa Astina Kecamatan Kurawa. Adapun Rencana Anggaran Biaya sesuai RKPDesa dan APBDesa  sebesar Rp. 356.963.600,-.
Segera setelah TPK menerima Surat Perintah Kerja (SPK) mencermati dan mempelajari RAB. Sebagai contoh RAB yang akan dilaksanakan TPK sebagai berikut :

FORMAT BARU ADMINISTRASI DESA (PERMENDAGRI 47/2016)

Administrasi Desa Format Baru  Ketentuan yang mengatur tentang Administrasi Desa diatur dalam Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Desa. Dengan diberlakukannya Permendagri tersebut, Permendagri Nomor 32 Tahun 2006 tentang Pedoman Administrasi Desa dan peraturan pelaksannya dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi.
Bagaimana mengelola dan seperti apa fomat yang diberlakukan dalam Permendagri 47/2016 ?
Silakan simak penjelasannya !
Disertai Bonus download gratis Permendagri dan contoh format dibagian akhir tulisan.
Silakan baca sampai tuntas !
Penyelenggaraan Administrasi Desa Kepala Desa berwenang menyelenggarakan Administrasi Desa. Kepala Desa melaksanakan administrasi desa dibantu Aparat Desa. Administrasi Desa diilaksanakan dalam rangka :
Penyelenggaraan Pemerintahan
Pelaksanaan Pembangunan
Pembinaan masyarakat, dan
Pemeberdayaan Masyarakat
Administrasi Desa meliputi :
Administrasi UmumAdministrasi PendudukAdministrasi KeuanganAdministrasi PembangunanAdministrasi La…

PANDUAN LENGKAP MENYUSUN RAB (FORMAT RAB DESA)

Cara Menghitung RAB Cara menghitung rencana anggaran biaya atau disingkat RAB bisa dilakukan dengan  dua cara.
Cara Pertama  Menggunakan perhitungan  m2 (meter persegi) atau m3 (meter kubik). Cara ini memiliki kelebihan dapat dilakukan dengan cepat mudah, tidak membutuhkan banyak waktu dan pemikiran untuk mengumpulkan data dan tanpa harus membaca gambar (praktis). Namun kelemahannya tidak akurat dan tidak dapat diketahui kebutuhan  bahan, alat dan kebutuhan pekerja yang sebenarnya. Cara ini hanya untuk menghitung perkiraan  biaya kasar.
Perhitungan RAB Cara Pertama ini cukup dengan mengetahui volume pekerjaan yang akan dikerjakan dan harga satuan pekerjaan per m2/m3. Untuk mengetahui biaya yang diperlukan cukup dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan  per m2/m3.
Misalkan kita hendak membangun rumah sederhana ukuran rumah yang akan dibangun panjang  10 meter dan lebar 7 meter.  Harga satuan per m2 rumah sederhana di Kabupaten Majalengka sebesar Rp. 1.500.000. …