CONTOH RKP-DESA BAB 2 (Bagian 1 s/d 4)

Evaluasi Pelaksanaan RKPDesa Tahun Sebelumnya

Pada Bab II RKP Desa berisi evaluasi pelaksanaan RKPDesa tahun sebelumnya menyajikan data-data terkini desa, terdiri dari data desa dan data hasil pembangunan desa.

Menyajikan pula permasalahan-permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi ditahun mendatang.

Struktur isi Bab 2 sesuai format daftar isi yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, sebagaimana terlihat di bawah.

2.1. Kondisi Objektif Desa
2.1.1. Sejarah Desa
2.1.2. Demografi Desa
2.1.3. Karakteristik Desa
2.1.4. Sumber Daya Desa
2.2. Evaluasi Pelaksanaan RKPDes tahun sebelumnya
2.2.1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa
2.2.2. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
2.2.3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa
2.2.4. Bidang Pemeberdayaan Masyarakat Desa
2.3. Evaluasi Usulan RKP Desa Tahun Sebelumnya
2.4. Permasalahan dan Isu Strategis

Agar dapat memperlancar peyusunannya ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Yang harus disiapkan adalah dokumen berikut di bawah dengan asumsi kita akan menysun RKPDesa tahun 2020.

  1. Sediakan profil desa tahun sebelumnya (tahun n-2), maksudnya jika hendak menyusun RKPDesa 2020 menggunakan fropil desa 2018.
  2. Sediakan Laporan pertanggung jawaban desa, setidaknya LPPD tahun n-2, maksudnya untuk menyusun RKPDesa 2020 menggunakan LPPD tahun 2018.
  3. Pastikan ketersediaan data sejarah desa yang menggambarkan peristiwa baik maupun buruk yang berdampak kepada sebagian besar masyarakat desa atau luar desa dalam kurun waktu sepeuluh tahun terakhir. (akan dijelaskan pada bagian tersendiri)
  4. Laporan dan Berita Acara musrenbang tahun 2017 untuk perencanaan tahun 2018

Kalau desa rutin memperbaharui data profil online kemendagri data yang diperlukan tinggal mengunduh. Namun demikian buku profil desa tetap harus dibuat setiap tahun.

Perlu kita ingat bahwa  penyusunan RKPDesa dimulai bulan Juni dan harus sudah ditetapkan selambat-lambatnya bulan September untuk pelaksanaan RKPDesa tahun yang akan datang.

Dan desa pasti sudah menyelesaikan penyusunan profil desa dan LPPD tahun 2018. Bukankah LPPD dan juga profil desa sudah diselesaikan paling lambat tiga bulan setelah berakhir tahun anggaran 2018.

Sedangkan format penyusunan Sejarah Desa dalam Bab 2 ini sebaiknya menyajikan peristiwa baik ataupun buruk yang dialami desa.

Tujuannya agar desa mampu memprediksi dan megatasi peristiwa buruk yang mungkin akan terulang.

Sub bagian Kondisi objektif desa,sejarah desa, demografi desa, karakteristik desa, sumberdaya desa sumber datanya dari profil desa.

Sedangkan subagian evaluasi pelaksanaan RKPDesa tahun sebelumnya, saya mengingatkan kembali bahwa untuk RKPDesa tahun 2018 yang dievaluasi adalah pelaksanaan RKPDesa tahun 2018.

Pada subagian evaluasi usulan RKPDesa tahun sebelumnya, merupakan evaluasi hasil musrenbang desa tahun 2015 untuk perencanaan 2018. Pada bagian ini isinya berupa laporan usulan musrenbang yang direalisasi dan yang tidak direalisasi. Jika ada program sektoral yang masuk ke desa perlu juga dipaparkan di subagian ini. Yang perlu dipaparkan yaitu nama dinas yang bertanggungjawab, nama program dan kegiatan, pelaksana (PT/CV), volume dan besaran biaya.

Bagian akhir Bab 2 menyajikan permasalahan dan isu-isu yang mungkin dihadapi oleh desa pada tahun rencana  (tahun 2018). Permasalahan apa saja yang akan timbul dan rencanakan program dan kegiatan untuk mengatasi masalah tersebut.

Contoh Bab 2 RKPDesa yang sudah jadi silakan download. Namun jangan dijadikan acuan sepenuhnya, silahkan sempurnkan dan buat lebih baik lagi. Penjelasan di atas mungkin akan berguna. Selamat berkarya salam desa.

Untuk download silahkan klik link di bawah.

Down load

Belum ada Komentar untuk "CONTOH RKP-DESA BAB 2 (Bagian 1 s/d 4)"

Posting Komentar

Post Unggulan

PANDUAN LENGKAP MENYUSUN RAB (FORMAT RAB DESA)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel