FORMAT RENCANA KERJA PERANGKAT DESA

Perencanaan Kerja

Kenapa Perencanaan itu Penting ?

Segala hal harus dilakukan dengan perencanaan. Bayangkan jika apa yang dilakukan tanpa perencanaan. Anda akan dihadapkan dengan berbagai hambatan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Celakanya tanpa perencanaan diawal anda tidak punya cukup persiapan untuk menghadapi hambatan tersebut. Akhirnya apa yang dikerjakann tidak dapat dicapai maksimal, tidak memuaskan  atau bahkan gagal.

Pekerjaan tanpa perencanaan ibarat bepergian tanpa tujuan. Berjalan tanpa arah, tidak ada motivasi dan target untuk mencapai tempat yang dituju. Dan Anda tidak pernah tahu apakah perjalanan itu telah sampai kepada tujuan atau tidak, karena  tidak punya target/rencana tempat yang dituju.

Bayangkan ketika anda sedang dalam momen lebaran Idul Fitri. Anda merantau dan jarang pulang. Pastinya ingin berkumpul dengan kerabat dan sanak famili. Anda akan merencanakan mudik lebaran. Dengan memiliki rencana mudik lebaran.  Anda akan berusaha menabung, agar pada saatnya punya cukup bekal untuk pulkam (pulang kampung). Mungkin akan terbersit pikiran untuk memberi hadiah kepada orang-terdekat dan anda sayangi. Andapun akan mempersiapkan jauh-jauh hari.

Jika merencanakan pulkam dengan pesawat atau kereta api. Anda pasti akan mencari informasi kapan tiket mulai dijual. Karena anda tidak ingin kehabisan tiket, anda akan membeli tiket lebih awal. Bahkan jika anda merencanakan menggunakan kendaraan pribadi. Pasti jauh-jauh hari anda akan chek and rechek kendaraan anda. Dan pada saatnya melakukan perjalanan mudik anda akan siap menghadapi segalanya.

Perjalanan molor berjam-jam saat kemacetan arus mudik.  Tidak akan mengendurkan semangat anda. Karena rencana dan tujuan yang jelas akan memotivasi anda untuk melakukan segalanya, agar rencana anda dapat tercapai. Alhasil ketika anda sampai dikampung berkumpul dengan orang tua dan kerabat. Ada kepuasan yang tidak akan cukup digambarkan dengan kata-kata. Karena tujuan anda telah tercapai.

Anda seperti telah mendaki gunung, jalan terjal dan mendaki anda lalui. Awalnya susah dan melelahkan. Tetapi saat anda mencapai puncaknya, kebahagiaan dan kepuasan akan menyelimuti perasaan anda. Dan andapun suka rela untuk mengulanginya, seperti anda akan merencanakan pulkam tahun depan. Kenapa ? karena anda punya rencana dan target/tujuan yang jelas untuk dicapai.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi hari esok. Tetapi kita dapat merencanakan apa yang akan dilakukan esok dan apa yang ingin kita dapatkan hari esok.

Dengan perencanaan dan tujuan yang jelas kita akan tahu apakah yang kita tuju sudah tercapai atau belum. Jika belum mencapainya dihari ini kita akan berusaha mencapainya besok, lusa minggu depan dan seterusnya sampai keinginan dan tujuan tercapai.

Memiliki rencana dan tujuan yang jelas akan memotivasi kesungguhan berusaha, memiliki kesabaran (keteguhan dan ketahanan dalam menghadapi hambatan), dan ketika segala daya dan upaya telah dilakukan, bahkan ketika kegagalan didapatkan kepuasan akan tetap didapatkan dari usaha yang telah dilakukan sungguh-sungguh.

Bukankah Allah SWT. Akan membalas dengan pahala dari apa yang kita lakukan bukan dari apa yang kita hasilkan?

Tidak peduli anda siapa dan menjadi apa. Mulailah membuat rencana, untuk besok, minggu ini, bulan ini atau tahun ini. Mulailah dari diri kita jangan pedulikan orang lain dan mari mulai dari hari ini.

Beberapa postingan saya kedepan akan membahas bagaimana Perangkat Desa membuat program kerja tahunan. Selain akan saya jelaskan dari awal bagaimana menyusun rencana program, akan saya lengkapi dengan format matrik program dan tatawaktu pelaksanaan.

Karena saya berdomisili di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Beberapa contoh program kegiatan akan lebih banyak diwarnai Peraturan Daerah Majalengka.

Dalam beberapa hal mungkin ada perbedaan dengan daerah lain. Namun subtasi tugas pokok fungsi perangkat desa pastilah sama. Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan peraturan pelaksananya.

Apa yang harus dipersiapakan ?

Agar Anda sebagai perangkat desa bisa memulai membuat perencanaan dalam bentuk program kerja tahunan, anda harus memahami benar tugas pokok fungsi jabatan yang anda pegang sebagai perangkat desa. Saran saya banyak-banyaklah membaca Undang-Undang dan Peraturan Daerah yang berkaitan dengan desa dan tugas pokok anda.

Bagaimana menyusun perencanaan dan menuangkannnya dalam format perencanaan tahunan perangkat desa akan saya bahas pada tulisan selanjutnya.

5 Komentar untuk "FORMAT RENCANA KERJA PERANGKAT DESA"

  1. Boleh berikan contoh program kerja seorang sekertaris desa, soalnya saya baru terpilih menjadi sekertaris yang baru oleh warga desa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Silahkan buka tulisan tentang contoh Program Kerja Kaur Perencanaan.

      Hapus
  2. Selamat telah dipercaya sebagai Sekdes. Yang pertama harus dilakukan adalah mempelajari Undang-undang dan peraturan yang berkaitan dengan tugas Sekdes. Catat apa yang harus dilakukan, kapan harus dimulai dan kapan paling lambat harus diselesaikan, siapa saja yang harus terlibat. Penting untuk mencatat semua yang dikerjakan dalam kertas kerja, selalu tindak lanjuti dengan mengerjakan apa yang sudah ditulis/dicatat. Tugas Sekdes cukup berat cobalah mulai dari cobalah dari hal kecil, hal yang paling mudah dan dapat segera dilaksanakan.

    BalasHapus
  3. Bisa berikan contoh program kerja kaur perencanaan desa? Soalnya baru terpilih menggantikan kaur perencanaan sebelumnya.

    BalasHapus

Post Unggulan

PANDUAN LENGKAP MENYUSUN RAB (FORMAT RAB DESA)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel