MENGISI TINGKAT PERKEMBANGAN DESA/ KELURAHAN (DENGAN FORMULA EXCEL)

Data Isian Tingkat Perkembangan Desa

Pada kesempatan kali ini , saya akan berbagi bagaimana mengisi pada buku profil desa. Khusus bagian tingkat pekembangan desa/kelurahan dengan menggunakan formula excel. Agar pekerjaan menjadi lebihmudah, cepat dan akurat

A. Jumlah Penduduk

kali ini kita tetap memanfaatkan data SIAK sebagai basis data.

Mari kita menghitung jumlah penduduk laki-laki dan perempuan dari data SIAK dengan menggunakan formula excel, untuk mengisi cell yang diblok merah.

Catatan data SIAK dapat disalin datanya melalui Dinas/OPD yang menangani kependudukan di Kabuapten/Kota masing-masing . Tampilan seperti ini ,baris 11 s/d 4518 sengaja di “hide” agar cell pada baris terakhir terlihat. Untuk membantu pemahaman yang jelas dari formula excel yang akan dibahas.

Bagian-bagian yang akan terkait dengan rumus sengaja di lingkari / diblok dan beri panah, merupakan bagian yang akan dibahas pada rumus excel yang akan kita buat. Silahkan perhatikan baik-baik tabel di bawah.

Untuk mengetahui data dalam satu kolom kita menggunakan rumus sebagai berikut : =COUNTIF(range;kriteria)
Pada tabel di atas kita akan menghitung jumlah jenis kelamin “L” dan “P” yang berada pada kolom “D” cell “2” sampai dengan cell “4530”, sehingga aturan penulisan rangenya akan ditulis (dollar, nama kolom,dolar, nomor cell awal, titik dua,dollar , nama kolom,dolar, nomor cell akhir). Penjelasannya panjang namun jika ditulis : $D$2:$D$4530 ini range yang akan kita hitung dari tabel di atas. Sel range yang dipilih ditunjukan dengan kotak biru, silahkan perhatikan baik-baik. Sedangkan kriteria/ data yang ada pada kolom “D” yaitu “L” dan “P”.

Penggunaannya dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Contoh untuk menghitung penduduk laki-laki dan datanya ingin ditampilkan di cell D4532, tinggal klik cell D4532. Ketikan formula =COUNTIF($D$2:$D$4530;”L”) lalu klik enter, jika formula yang dimasukan benar maka akan muncul jumlah penduduk laki-laki secara otomatis.
  2. Ingin menampilkan jumlah penduduk Perempuan misalnya datanya akan ditampilkan pada cell D4533. Arahkan kursor pada cell D4533 lalu ketik ketikan formula berikut ingat memasukan formula selalu diawali tanda "sama dengan" =COUNTIF($D$2:$D$4530;”P”) lalu enter, jika formula yang anda dimasukan benar akan muncul jumlah penduduk peremuan.

Hasil penghitungan tersebut silahkan masukan di data jumlah penduduk  pada profil desa sebagimana  tabel jml. Penduduk yang telah ditunjukan dibagian awal tulisan.

Hasil akhir pehitungan ditunjukan sebagaimana tabel di bawah, mudahkan bukan, silahkan mempraktekannya.

Kita telah mendapat gambaran mengolah data, namun yang dijelaskan di atas sumber data dan pengolahan datanya ada pada sheet yang sama.Sedangkan pada aplikasi sebenarnya tentu sebaiknya kita membedakan sheet data(data base) dengan sheet pengolahan data (Profil). Jadi kita membuat sheet Database dan sheet Profil dengan sheet yang berdeda tetapi masih dalam satu worksheet MS Excel, akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "MENGISI TINGKAT PERKEMBANGAN DESA/ KELURAHAN (DENGAN FORMULA EXCEL)"

Posting Komentar

Post Unggulan

PANDUAN LENGKAP MENYUSUN RAB (FORMAT RAB DESA)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel